Literasi


21 Oktober 2022

Gerakan  Literasi Sekolah Siswa SMAN 5 Kota Jambi

 

Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi merupakan juga merupakan keterampilan penting dalam hidup

Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan public

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMA N5 Kota Jambi bertujuan:

  1. Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah,
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat,
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.

 

PELAKSANAAN GLS DI SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

Pelaksanaan GLS di SMA Negri 5 Kota Jambi mempertimbangkan dua tahap literasi, yakni (1) pembiasaan, (2) pengembangan (ada tagihan non akademik).

 

  1. Tahap Pembiasaan
  2. A. Membaca Surat Yasin dan Ceramah Agama

Kegiatan ini bertujuan melatih peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai keagamaan, membiasakan diri bersikap santun, dan sebagai salah satu media untuk memberi semangat pagi sebelum kegiatan belajar mengajar. Selain itu, kegiatan ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri, kefasihan dalam membaca Al- Quran (bagi peserta didik yang bertugas membaca) dan memudahkan peserta didik dalam menghafalkan surat-surat.

  1. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selasa,rabu,kamis dan jumat selama limabelas menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.
  2. Salah satu peserta didik yang bertugas, membaca surat-surat Al-quran yakni surat yasin peserta didik yang lain mengikuti
  3. Peserta didik mendengarkan ceramah agama dari ustadz selama limabelas menit,setelah itu peserta didik menulis ringkasan ceramah.

 

  1. Kunjungan Perpustakaan Sekolah

Kegiatan ini bertujuan memanfaatkan perpustakaan untuk menumbuhkan kegemaran membaca.

  1. Pengelola perpustakaan memberikan layanan kepada Peserta didik untuk meminjam buku di perpustakaan sekolah untuk keperluan literasi
  2. Peserta didik melaksanakan literasi di rumah masing-masing sebagai tugas guru mata pelajaran
  3. Peserta didik menunjukan bukti Literasi kepada guru mata pelajaran untuk dinilai dan diparaf.

 

  1. Tahap Pengembangan

Pembuatan Majalah Dinding Sekolah.(MADING)

Majalah sekolah sangat bermanfaat memberikan informasi guna menambah wawasan. Setiap hari kita diterpa ribuan informasi. Kita dituntut untuk selektif, kritis dan cerdas dalam memilih maupun menggunakan informasi mana yang akan kita respon. SMA Negeri 5 Kota jambi sebagai lembaga pendidikan yang beralamat Jalan Arif Rahman Hakim, No.50.Telanaipura, Kota Jambi., Sangat peduli dengan kegiatan Literasi Sekolah dalam hal ini kita membutuhkan  media sebagai wadah guna menciptakan suasana yang menggambarkan minat baca tinggi, terlebih di kalangan siswa dan siswi. Terkhusus lagi, adanya majalah sekolah juga salah satu bentuk peningkatan gerakan literasi sekolah. “.

 

Mading OSIS

Kegiatan ini membiasakan peserta didik untuk mempublikasi Informasi yang berkaitan dengan kegiatan Osis. Dengan tujuan menginformasikan kegitan osis serta info masi penting tentang osis.

Berikut ini beberapa kegiatan dalam majalah dinding Osis:

- Kegiatan Ekstrakurikuler

- Pelaksanaan Pentas Seni

- Informasi Lomba-lomba dalam peringatan hari-hari besar.

 

Lomba Berbahasa di Bulan Bahasa

Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan bahasa. Bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh sebab itu, pada bulan Oktober biasa diperingati sebagai Bulan Bahasa. Kegiatan ini bertujuan untuk:

Meningkatkan kualitas siswa dalam berbahasa dan bersastra Indonesia, serta menerapkan budaya literasi di sekolah.

Kegiatan Bulan Bahasa dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota jambi antara lain:

  1. Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda
  2. Lomba Pidato Bahasa Indonesia
  3. Lomba Pidato Bahasa Inggris
  4. Bercerita
  5. Lomba kemampuan berbahasa tulis
  6. Lomba menulis puisi
  7. Lomba menulis cerpen

Sumber : SMAN 5 Kota Jambi https://sman5jambi.sch.id
Selengkapnya : https://sman5jambi.sch.id/artikel/43/Literasi.html